Artikel saya kali ini membahas mengenai Interface Pheriperal Komputer, apa itu Interface Pheriperal Komputer, prinsip dasar Interfacing, Bus Interfacing, Konsep dan yang lainnya yang akan menyusul pada postingan-postingan berikutnya.
Pada artikel kali ini kita akan mengenal apa itu ? Interfacing.
SLIDE 1
Pengantarmukaan pheriperal komputer merupakan suatu istilah secara harfiah, berarti penghubung antar komputer, baik dengan komputer atau perangkat lain.
Selanjutnya istilah pengantarmukaan pheriperal komputer lebih dikenal dengan istilah Interface komputer / Interfacing. Interfacing adalah perangkat yang diimplementasikan dari rangkaian elektronika.
Oleh karena itu Interfacing melibatkan banyak teknologi yang diliputi oleh disiplin teknik elektrik dan komputer rancang bangun.
Contoh :
- USB
- DB 25/PORT Parallel
- Ps 2
- Bluetooth
1.1. Interfacing Layer
Pada dasarnya sistem mikroprocessor tidak terlepas dari sebuah interfacing yang merupakan bagian dari elektronika. Secara hirarki struktur Interfacing terdapat beberapa layer yaitu :
A.- Electrical / Physical
Fungsi dari layer electrical merupakan layer yang mendasar dari suatu interfacing. Layer ini merupakan layer fisik, karena interfacing dalam penggunaan umum berkaitan dengan setiap alat yang penggunaannya adalah elektronika.
B.- Signal
Layer signal merupakan layer yang digunakan untuk menyampaikan data dari satu titik ketitik lainnya. Pada layer ini tergantung dari layer electrical (fisik) yang dalam penggunaan umum, arus listrik yang digunakan untuk penyampaian data melalui circuit.
C.- Logic
Layer logic adalah pengalamatan dari rangkaian aplikasi, bus interfaciing dan data transfer.
D.- Protocol
Merupakan suatu set peraturan dan procedure untuk bertukar-tukar data. Protocol Interfacing adalah ilmu standar dan implementasi dari suatu komunikasi
E.- Code
Layer Code merupakan representasi simbolik data. data / instruksi dalam bentuk kode/instruksi.
F.- Algoritmic
Merupakan suatu yang berhubungan dengan penggunaan algorithma untuk mendapatkan suatu hasil dalam interfacing
PRINSIP DASAR INTERFACING
A. HANDSAKING
Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi Handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara 2 terminal.
Ada 2 macam :
1. Handsaking Hardware.
Yaitu suatu teknik untuk peraturan alir data kesuatu alat penghubung atas isyarat yang
dilaksanakan oleh kawat terpisah.
2. Handsaking Software
Yaitu transmisi data ekstra pada suatu saluran dalam mengendalikan alat yang mengirim data
didalam arah yang lain pada saluran. Alat-alat ini mengirim control-S dan control-Q charachter, untuk
stop dan star transmisi
B. PROTOKOL
Merupakan satu set peraturan dan prosedure untuk bertukar-tukar data dari 1 terminal ke terminal lainnya, hal ini dapat kita bedakan antara protokol dengan handsaking karena : fungsi protocol hanya mengatur signal yang diperoleh melalui hansaking.
C. BUS INTERFACING.
Yaitu alur atau buses dimana berbagai jenis informasi dilewati antar unsur-unsur sistem mikrokontroller-based . Buses biasanya digolongkan dalaam kaitan dengan pemilihan waktu protokol yang tak serentak, syncronous.
Syncronous memanfaatkan suatu web status ( semi-syncronous). Bus menghubungkan sebuah komponen dalam unit Mikrocomputer.
Ada 3 tipe buses, yaitu :
- Data Bus (Bus-D)
Bus dengan (lebar data 8 bit) yaitu dari mikroprosessor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya
- Control Bus (Bus-C)
Meluncurkan signal-signal yang mengatur masa aktif modul mikrocomputer yang sesuai dengan yang
diinginkan menurut kondisi kerja.
- Address Bus (Bus-A)
Meneruskan data alamat ( misal alamat 16 bit ) dari penyimpanan / dari saluran masukan / keluaran yang diaktifkaan pada saat tertentu.
KONSEP KOMUNIKASI SERIAL
Antar muka kanal serial lebih kompleks atau sulit, dibandingkan dengan antar muka parallel, hal ini disebabkan karena :
1. Dari segi perangkat keras adanya proses konversi data parallel menjadi serial atau sebaliknya . Menggunakan peranti tambahan yang disebut UART (Universall Asyncronous Receiver / Transmitter ).
2. Dari segi perangkat lunak lebih banyak register yang digunakan
Data Patentik- Tema Interface Pheriperal Komputer.